Sunday, January 18, 2015

Cara Meningkatkan Kepercayaan Diri

Label:


Confidence, Percaya Diri. Kadang banyak orang yang menyepelekannya. Kepercayaan diri, bagi saya merupakan hal kecil namun penting. Banyak orang kadang mengacuhkannya dan membiarkan kepercayaan diri mereka jatuh begitu saja, padahal rasa percaya diri itu mampu membuat anda lebih maju dan sukses. Beberapa dari anda mungkin telah kehilangan rasa percaya diri dan ingin mengembalikan kepercayaan diri itu. Oleh karena itu artikel ini dibuat.
Berikut ini adalah tips-tips dari saya, bagaimana agan bisa meningkatkan rasa kepercayaan diri anda:
1. Tersenyum


Hal paling mudah untuk meningkatkan rasa kepercayaan diri adalah dengan tersenyum. Tersenyum yang dimaksud bukanlah tersenyum setiap saat, nanti dikira gila malahan. Hahahahahaha. Yang saya maksud adalah tersenyum pada saat kita dihadapkan dengan publik atau tersenyum saat kita menghadapi sesuatu. Karena dengan tersenyum, orang akan bisa melihat inner beauty kita dan orang akan menghargai kita. Saat kita tersenyum sedang ada orang yang membalas senyuman kita, maka anda akan merasa seperti melepaskan beban berat dipunggung anda. Jadi biasakanlah tersenyum meskipun dalam keadaan sesulit apapun.

2. Penampilan

Memang penampilan kamu itulah ciri khas diri mu . Tapi dengan penampilan baik maka penilaian orang juga pasti baik. Disamping baiknya penampilan, seseorang akan merasa percaya diri apabila dia berpakaian rapi. Oleh karena itu penampilan ini juga harus diperhatikan . Tidak harus berlebihan yang penting rapi dan itu sudah cukup . Kalau berlebihan nanti dikira badut lo, hahahaha.

3. Menatap Mata Lawan Bicara

Apabila kita tidak percaya diri dalam menghadapi seseorang, hal terbaik yang bisa kamu lakukan adalah menatap mata orang itu dalam-dalam. Karena apa? Saat seseorang merasa kamu berada dibawahnya, maka orang itu akan membuatmu menjadi orang yang tidak percaya diri dan ragu akan dirimu sendiri. Dengan menatap lawan bicara kamu, maka itu berarti kamu melawan pikiran orang itu dan jika kamu sukses, kepercayaan dirimu akan naik. Hal ini juga membuat kamu lebih dihargai orang lain karena dengan memandang mata lawan bicara itu berarti menunjukkan bahwa kamu Tegas. Latihlah dirimu untuk berbicara dengan menatap mata lawan bicaramu, agar kepercayaan diri kamu bertambah.
Dan jangan keterlaluan kalau menatap mata lawan bicara anda ya gan. Nanti bisa jadi gini.




4. Berlatih didepan cermin

Jika kamu kurang percaya diri dengan cara bicara dan perilaku kamu, cobalah untuk berlatih didepan cermin. Cobalah membaca beberapa naskah puisi atau pidato dengan nada yang pantas dan tidak berlebihan. Latihlah juga diri kamu untuk mengatur emosi wajah kamu agar terpancar inner beauty. Latihlah seperti apa emosi wajah kamu jika dalam kondisi tertentu, seperti saat dalam masalah, saat senang, saat sedih, saat tertawa, saat sedang berduka, etc. Setelah kamu menguasainya, kamu bisa membaca suasana yang sedang berlangsung disuatu tempat, kamu juga bisa mengontrol emosi kamu. Sehingga kamu bisa lebih percaya diri dan bisa memilih tindakan apa yang paling tepat dilakukan jika kamu ada didalam kondisi tertentu. Dengan berlatih didepan cermin, kita juga bisa mengatur intonasi nada bicara kita saat situasi tertentu.


5. Memiliki motivasi yang kuat.

Seseorang kadang bisa ragu untuk melakukan suatu hal, karena dia lupa untuk apa dan untuk siapa dia melakukannya. Disaat seperti itu sangat penting untuk mengingat kembali apa yang telah membawa kita sampai ke tahap tersebut.
Motivasi atau keinginan adalah sesuatu yang bisa membuat orang melangkah ke tahap yang lebih tinggi. Semua orang memiliki motivasi, hanya saja kadang kita melupakan motivasi tersebut. Oleh karena itu kita harus selalu mengingat kuat apa yang telah menjadi motivasi kita. Contohnya, seorang Ibu. Anda melihat Ibu anda berjuang keras menghidupi anda, susah payah membesarkan anda. Lalu, anda berkeinginan besar apabila suatu saat anda bisa hidup bahagia dengan Ibu anda.
Disaat penting, dan disaat anda mulai ragu akan diri anda sendiri. Ingatlah Ibu anda yang susah payah menghidupi anda, yang kini berada dirumah, terbaring ditempat tidur. Bayangkanlah saat-saat anda bisa menjadi sukses dan bahagia dengan Ibu anda.
Jadikanlah itu motivasi anda untuk percaya diri dan tidak ragu dalam kondisi apapun. Percayalah dalam motivasi anda, dan berangkatlah dengan kerja keras anda.


     Janganlah ragu pada diri anda sendiri, karena "Saat dimana anda ragu akan diri anda sendiri, maka berakhirlah sudah!" (Naruto). Oleh karena itu, mulai sekarang jangan pernah ragu dan berteriaklah pada tembok yang menghalangi anda bahwa anda lebih besar dari tembok itu.

0 comments: